Avanza Tidak Berubah Jadi Penggerak Roda Depan
Toyota Astra Motor (TAM) mempelajari dari hasil studi internal, Avanza dengan sistem gerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD) punya segmentasi pasar sendiri. Analisanya saat ini konsumen belum membutuhkan Avanza berubah menjadi berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD) seperti para pesaing dekatnya.
Kecenderungannya konsumen yang sudah kami pastikan, mereka butuh pembaruan. Sekarang ini kami tidak melihat konsumen itu membutuhkan FWD. Konsumen tetap membutuhkan kendaraan MPV yang fungsional dengan mesin yang dapat diandalkan, ucap Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjorpranoto, di Jakarta, Senin (4/6/2018).
Soerjorpranoto menjelaskan konsumen lebih mementingkan pembaruan. Dia mencontohkan pada MPV Voxy yang laris dipasaran meski menggunakan desain pintu geser dan meluncur di tengah situasi pasar otomotif tidak begitu bergairah.
Contoh lainnya ada pada Rush yang beralih ke generasi baru dengan desain modern. Perubahan besar plus harga tidak berubah dari model lama menggiring penjualan Rush naik hingga dua kali lipat.
Sampai saat ini yang kami percayai bukan pada spesifikasi dasarnya (FWD atau RWD), ataupun transmisi otomatisnya berapa percepatan. Bukan itu. Kelihatannya luxury baru dia (konsumen) akan beli, kalau tidak akan tahan duit apalagi situasi ekonomi seperti ini. Jadi kalau tidak ada pemicu, sesuatu , enggak akan naik, ucap Soerjorpranoto.
Soerjorpranoto memastikan Avanza akan mengalami perubahan, namun dikatakan desain terbarunya belum ketok palu.
TAM masih bingung menentukan ke arah mana desain Avanza. Pasalnya, hasil penjualan desain Avanza sekarang masih kompetitif dibanding model lain seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.
TAM menduga, Avanza yang punya pembeli loyalis memiliki segmentasi pasar sendiri di kelas low MPV sehingga irisan dengan dengan model lainnya bisa tipis.