Biaya Mudik Jakarta-Surabaya PP Pakai Datsun Cross

 Sejumlah kendaraan arus balik melintas ruas Tol Cipali kilometer 188 di jalur Jakarta menuju Jawa Tengah Rabu petang (20/6/2018). System satu arah baru dimulai pukul 17.02 WIB dari yang sebelumnya direncanakan 15.00 WIB.

- Musim libur lebaran telah resmi berakhir. Sebagian besar pemudik asal Jakarta yang pulang ke kampung halaman kini telah kembali.

Pada musim mudik tahun ini, untuk pertama kalinya jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya telah dapat dilalui.

Meski demikian, belum semua ruas berstatus tol operasional. Masih ada beberapa ruas yang berstatus tol fungsional. Sehingga belum ada pengenaan tarif bagi kendaraan yang melintas.

Dari penghitungan resmi pemerintah, total biaya tol Jakarta hingga Surabaya sampai saat ini mencapai sekitar Rp 351.500.

Guna menyambut musim mudik lebaran, pada 2-5 Juni 2018, tim Kompas.com sempat menjajal perjalanan melalui ruas tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya.

Perjalanan ini merupakan bagian dari peliputan Merapah Trans Jawa 3 dari 2-14 Juni yang menempuh jarak dari Jakarta hingga ujung ruas tol Trans Jawa di Pasuruan, Jawa Timur, dilanjutkan ke kawasan Gunung Bromo.

Perjalanan pulang kemudian dilanjutkan melalui Pasuruan-Surabaya-Ngawi-Wonogiri-Yogyakarta-Kebumen-Pekalongan-Cirebon hingga kembali ke Jakarta.

Khusus untuk perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya, tim Kompas.com sempat menghitung total biaya yang dihabiskan untuk bahan bakar dan tol.

Menggunakan dua unit mobil Datsun Cross, total biaya bahan bakar yang dihabiskan dari Jakarta hingga Surabaya mencapai Rp 675.018 untuk mobil pertama dan Rp 860.070 untuk mobil kedua.

Selama perjalanan, pengemudi mobil pertama hanya menggunakan mode normal, sedangkan pengemudi mobil kedua banyak menggunakan mode sport.

Bahan bakar yang digunakan selama perjalanan hanya dua jenis, yakni Pertamax dan Pertalite.

Dibekali mobil berkapasitas 35 liter, selama perjalanan dengan bahan bakar penuh Pertamax dari Jakarta, mobil pertama tercatat dua kali mengisi bahan bakar Pertalite, masing-masing di Pekalongan dan Ngawi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel