Gaya Baru, Beli Asuransi dengan Layanan Petugas Virtual
- Asuransi Astra memperkenalkan anggota baru dalam layanan digitalnya, bernama Garxia. Nama itu merupakan kependekan dari Garda Experience Intelligent Assistance.
CEO Asuransi Astra Rudy Chen dalam acara peluncurandi Jakarta, Rabu (12/9/2018) mengatakan, Garxia adalah petugas virtual yang melayani pelanggan yang ingin melengkapi data pembelian polis asuransi melalui aplikasi Garda Mobile Otocare versi 4.0. Melalui bantuan Garxia, pelanggan akan diberikan petunjuk melalui chat melalui pesan singkat.
Garxia, dalam prosesnya, akan menanyakan beberapa hal kepada calon pelanggan melalui pesan singkat, diantaranya merk, tipe, tahun dan seri mobil. Setelah mendapatkan jawaban, Garxia akan memberikan petunjuk lebih lanjut, termasuk bantuan penghitungan nilai premi yang harus dibayar untuk jenis asuransi yang dipilih.
Keberadaan Garxia ini bisa diibaratkan seperti petugas asuransi yang membantu pelanggan saat proses pembelian langsung di kantor cabang. Menurut Rudy, peluncuran program ini dilatarbelakangi keinginan masyarakat yang masih menginginkan adanya interaksi, walaupun melalui layanan digital.
"Sesuai dengan tagline kami, yakni Makin Gampang Beli Asuransi, chat aja. Jadi kehadiran Garxia membuat proses pembelian asuransi mobil Garda Oto dapat dilakukan semudah mengirimkan pesan instan," kata Rudydi Jakarta, Rabu (12/9/2018)
Penggunaan petugas virtual dalam layanan digital asuransi bukan yang pertama kalinya. Pada Desember 2017, PT Asuransi Wahana Tata atau yang lebih dikenal Aswata juga meluncurkan layanan serupa dengan nama Vania.
Mengutip dari Kontan.co.id, Vania juga merupakan layanan berbasis chat guna membantu nasabah maupun calon nasabah dalam berinteraksi, menjawab pertanyaan, hingga penutupan polis asuransi umum. Fitur Vania akan menjawab semua pertanyaan nasabah melalui chat selama 24 jam.
"Dengan hadirnya Vania, Aswata kini menjawab kebutuhan asuransi umum bagi masyarakat digital," kata Direktur Utama Aswata Christian W. Wanandi di Jakarta, Jumat (8/12/2017).