Efek Domino Kerugian Tak Mengganti Busi Secara Berkala

Pemeriksaan busi kendaraan secara berkala

- Busi merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan baik motor maupun mobil. Secara fungsi, busi berperan untuk menghasilkan pericikan listrik guna menghasilkan pembakaran yang sempurna bagi mesin kendaraan.

Namun sampai saat ini rupanya masih banyak pemilik kendaraan yang tidak mengerti bila busi masuk dalam salah satu komponen fast moving. Artinya busi memiliki masa pakai yang harus diganti secara berkala.

Lantas, apa dampaknya bila membiarkan busi terus menerus digunakan. Menjawab hal ini, Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, menjelaskan ada beberapa fase yang merugikan saat pemilik kendaraan membiarkan busi terus menerus digunakan.

"Pertama elektroda busi akan mengalami keausan, dari hal ini akan menimbulkan efek domino lainnya. Mulai dari kebocoran busi yang dampaknya membuat torsi menurun, lalu akselerasi kendaraan yang ikut turun, dan berujung pada konsumsi bahan bakar yang buruk sehingga terjadi pemborosan," ucap Diko saat berbincang dengan Kompas.com, Selasa (27/11/2018).

Tidak sampai di situ saja, akibat tidak mengganti busi secara berkala juga akan menimbulkan efek kerugian berantai. Komponen-komponen sebelum busi yang terkait kelistrikan bisa mengalami kerusakan permanen, mulai dari kabel busi, koil, sampai aki kendaraan.

Diko menjelaskan bila busi merupakan muara dari sistem pengapian, sebelum busi bekerja ada beberapa komponen kelistrikan lainnya yang ikut berperan. Bila diibaratkan busi itu bekerja dengan menerima hasil dari komponen sebelumnya.

"Busi itu ujungnya sistem pengapian, jadi hasil akhir lah. Contoh, busi butuh tegangan 1 volt dengan jarak gap elektroda 0,8 mm, saat busi aus otomatis jarak gap akan semakin besar, dampaknya tegangan busi juga akan membesar yang membuat busi akan meminta daya lebih besar dari komponen sebelum-sebelumnya," ucap Diko.

"Hasil akhir dari itu semua akan berdampak pada kerusakan permanen pada komponen kelistrikan. Karena busi meminta daya lebih, dan biasanya yang awal rusak itu tutup busi, lalu menjalar ke koil karena koil diminta terus-menerus menyalurkan tenaga yang tidak sesuai, akumulasinya bisa sampai ke aki," ucap Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel