BMW Mengaku Sukses Sepanjang 2018

Mobil sport BMW First-ever BMW i8 Roadster terlihat di Jakarta, Rabu (17/10/2018). Gelaran BMW Car Clubs Indonesia (BMWCCI) akan dihadiri oleh lebih dari 1.000 penggemar BMW baik dari dalam maupun luar negeri dan diselenggarakan di Semarang, 18 November 2018.

- BMW Group Indonesia mengklaim telah menorehkan hasil positif sepanjang 2018 lalu. Sebanyak 3.394 unit kendaraannya sukses diserap pasar yang terdiri dari 2.814 unit BMW dan 580 unit lainnya dari Mini.

Pencapian tersebut sekaligus mengantarkan BMW dan MINI memenuhi target yang telah ditetapkan. Menurut Vice President Corporate Communicatioan BMW Group Indonesia Jodie O'tania, pemenuhan target penjualan kendaraan BMW Group Indonesia pada 2018 tak lepas dari didukung dan respons positif para pelanggan di Tanah Air, terutama terhadap kendaraan terbaru yang telah diluncurkan.

"Pertumbuhan yang dinikmati BMW mencerminkan peningkatan respons positif terhadap line-up kendaraan BMW, sekaligus mencerminkan komitmen dalam memposisikan masing-masing model baru dengan penekanan pada kualitas dan teknologi inovatif yang dilengkapi jaminan kenyamanan dan fungsionalitas," ujar Jodie kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Meski tak menyebutkan angka penjualan secara spesifik, namun Jodie menjelaskan bila kontribusi utama dari penjualan produk sepanjang 2018 didominasi oleh model X1, Seri 3, dan Seri 5. Sementara untuk Mini, model-model tiga pintu menjadi andalan utama, seperti Countryman dan Cabrio.

Selain dari sisi produk baru yang diluncurkan, peran strategi marketing juga menjadi modal BMW bersaing di pasar mobil premium Tanah Air. Salah satu program penjualan yang sukses mengantarkan BMW mencapai target adalah trade-in & trade-up yang dibuat tidak hanya untuk bran BMW saja.

"Strategi untuk menghadirkan model edisi terbatas juga menjadi pendukung keberhasilan kami. Kami juga memiliki keunggulan untuk menarkan varian produk yang lebih luas ke konsumen dibanding bran premium lainnya," ucap Jodie.

Hasil positif tahun lalu seakan menjadi modal bagi BMW Group Indonesia untuk optimis bersaing di 2019. Meski diprediksi akan ada kenaikan suku bunga pada tahun politik, tapi BMW optimis segmen kendaraan premium akan terus tumbuh.

Kondisi tersebut dicermati sebagai sebuah tantangan yang dapat mendorong BMW untuk lebih kreatif menghadirkan kendaraan dan program-program baru. Sebagai rencana awal, 10 model terbaru dijadwalkan siap meluncur sepanjang 2019, beberapa diantaranya datang dari tipe-tipe sport utiity vehicle dan sport car.

"Seperti yang dijelaskan sebelumnya, akan ada 10 model baru yang akan diluncurkan. Kita akan mulai dari Februari nanti dengan X4, lalu Seri 3, dan X5. Investasi BMW Group juga ditingkatkan dengan menambah kendaraan rakitan lokal," kata Jodie.

Sedangkan untuk strategi menghadapi suasan politik, Jodie menjelaskan telah menyiapkan rangkaian program penjualan menarik bagi para konsumennya. Mulai dari tukar tambah, layanan Peac of Mind yang meliputi BMW Group Tire Coverage dan BMW Service Inclusive, BMW Financial Services, sampai program untuk pelanggan korporasi melalui BMW Business Alliance Program.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel