Daihatsu Geser Mitsubishi di Indeks Kepuasan Penjualan JD Power
J.D Power merilis hasil Studi Indeks Kepuasan Penjualan Indonesia (Sales Satisfaction Index/SSI) 2018, yang menempatkan Daihatsu sebagai merek yang berhasil memperoleh nilai terbaik.
Merek yang yang dimiliki oleh Toyota ini, meraih peringkat tertinggi pada tingkat kepuasan sales dengan nilai 818. Ini otomatis menggeser Mitsubishi yang pada 2018 lalu menjadi juaranya dengan skor 802.
Pada penilaian kali ini merek berlambang tiga berlian tersebut harus merosot diperingkat kelima, dan mendapat skor 809. Namun memang perolehan nilainya tersebut, lebih tinggi dibandingkan dengan di 2017 lalu.
Kemudian, Datsun sendiri berada di peringkat kedua (812 poin), di mana Honda dan Suzuki bersaing ketat pada posisi ketiga, dengan nilai sama 811. Lalu di posisi ketujuh dan kedelapan atau paling buncit, masing-masing ada Toyota 805 poin dan Nissan 794 poin.
Studi Indeks Kepuasan Penjualan (Mass Market) Indonesia 2018, merupakan analisa menyeluruh pada pengalaman membeli dan delivery kendaraan. Studi ini berdasarkan respons dari 2.665 pemilik kendaraan baru, yang melakukan pembelian antara Agustus 2017 dan Juli 2018, serta dikumpulkan antara Februari dan September 2018.
Berdasarkan informasi resmi, Kamis (25/10/2018) di tahun yang ke-18, parameter penilaian studi kali ini didesain ulang, di mana berdasarkan lima faktor, seperti konsultan sales dealer (23 persen), fasilitas delaer (23 persen), menghasilkan kesepakatan (19 persen), proses pengiriman (19 persen), dan kelengkapan dokumen (16 persen).
Sedangkan pada tahun sebelumnya, faktornya berdasarkan waktu pengiriman (18 persen), proses pengiriman (18 persen), tenaga pemasaran (17 persen), inisiasi penjualan (16 persen), fasilitas dealer (15 persen), dan transaksi (15 persen). Tingkat kepuasan diukur berdasarkan skala 1,000 poin dengan angka tinggi menandakan tingkat kepuasan yang lebih tinggi.