Cerita Jadi Sopir Mobil Pikap Isuzu Traga, Sunter-Puncak

Isuzu Traga, model pikap medium.

Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) baru saja memperkenalkan medium pikap barunya Traga, buat pasar Indonesia. Model ini hadir buat menantang Mitsubishi L300, dan rencananya akan diekspor ke mancanegara.

Tak hanya mengundang saat peluncuran, Isuzu Indonesia juga ternyata menyiapkan acara khusus, untuk test drive Traga tersebut buat awak media. Ini jadi momen unik dan baru buat Kompas.com, mengendarai mobil pikap.

Rute yang dipilih juga tak main-main, dari Sunter menuju Puncak, Bogor. Bisa dibayangkan tentunya trek dan kondisi lalu lintas yang akan dilalui.

Jantung sempat berdebar kencang sambil berpikir, apakah bisa jadi sopir pikap dan menempuh jalan sampai ke Puncak. Bahkan sempat ragu apakah Traga mampu?

Jadi pengalaman pertama Kompas.com, masuk ke kabin pengemudi Isuzu Traga, posisi duduknya cukup tegak. Posisi lingkar kemudi ada di bawah dada dan menghadap ke atas, tak seperti model mobil penumpang biasa.

Tak usah berharap banyak, pengaturan posisi duduk juga hanya sebatas maju-mundur saja. Tidak ada pengaturan sudut sandar jok apalagi setelan lingkar kemudi (tilt dan telescopic).

Namun, posisi duduk tegak layaknya di atas kursi biasa, membuat tubuh tak mudah lelah dan siap menempuh perjalanan jauh. Walalupun memang agak aneh buat meliuk-liuk dan berakselerasi, cukup berkendara sewajarnya saja.

Nyalakan mesin dan mendengar raungannya, mesin Panther berkode 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection siap untuk diajak menanjak di Puncak. Sebelum sampai trek naik, mengendarai Traga di alam kota benar-benar tak ada kendala.

Pada kondisi jalan padat, mengajak mobil berkendara stop and go, Traga tak begitu menyusahkan, kopling cukup empuk sehingga kaki tak pegal. Torsi yang besar juga membuat kaki tak kerja keras, jadi hanya memainkan kopling dan sedikit rem saja.

Ketika masuk ke jalan bebas hambatan yang untungnya dalam kondisi lancar, mobil juga enak buat digeber dan handlingnya cukup stabil, walaupun memang tak bisa selincah mobil penumpang. Di atas kertas, mesin Traga sanggup mengeluarkan tenaga sampai 80 PS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel