Cara AHM Naikkan Level Pelayanan buat Konsumen
- PT Astra Honda Motor ( AHM) kembali menggelar Kontes Layanan Honda Nasional (KLHN) yang ke-12 sebagai wujud komitmen memastikan kepuasan konsumen dengan terus menghadirkan layanan terbaik sesuai perkembangan tren kebutuhan masyarakat.
Pelaksanaan KLHN tahun ini dibagi menjadi dua kelompok diler yaitu kelompok regular diler dan kelompok Wing diler atau Big Wing. Dalam setiap kelompok terdapat tiga kategori yang dilombakan sesuai dengan perannya dalam melayani konsumen, yaitu pimpinan jaringan Honda, Deliveryman, dan Front Line People (FLP).
General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Istiyani Susriyati mengatakan, semakin berkembangnya bisnis sepeda motor dan meningkatnya harapan masyarakat terhadap pelayanan membuat AHM berupaya terus meningkatkan kualitas.
"Pelayanan yang prima menjadi prioritas kami dalam menyuguhkan kepuasan dan kebahagiaan konsumen sepeda motor Honda. Melalui kontes layanan ini, kami berupaya terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen seiring dengan meningkatnya ekspektasi masyarakat, ujar Istiyani, Kamis (16/8/2018).
Seleksi KLHN tahun ini telah dilaksanakan sejak Januari sebagai tahap awal. Bekerjasama dengan 29 main diler Honda di seluruh Indonesia, sebanyak 1.859 peserta adu skill layanan yang dilaksanakan oleh main diler.
Dari jumlah tersebut, terbagi sebanyak 1.039 peserta yang terdiri dari Sales Man, Sales Counter, Petugas Administrasi dan Sales Counter Part mengikuti penilaian pada kategori Front Line People (FLP).
Pada kategori Deliveryman diikuti oleh 433 peserta dan 387 peserta Iainnya merupakan penanggung jawab AHASS dan Showroom. Setelah melewati tahap seleksi regional, 141 peserta dari tiga kategori yang terdiri dari 51 FLP, 45 Deliveryman, dan 45 pimpinan jaringan terbaik berkompetisi pada tahap Nasional yang diadakan pada tanggal 13 sampai 16 Agustus 2018.
"Para peserta akan memperebutkan total hadiah Rp 625 juta. Ini nanti dibagi ke 18 pemenang dari masing-masing kategori," ucap Istiyani.
Pada tahap Nasional, para peserta melewati tahap penilaian pre-contest, proses karantina selama 3 hari dan grand final yang dilaksanakan pada Kamis (16/8/2018). Pada tahap pertama yaitu penilaian pre-contest para peserta di kategori FLP diuji dengan mystery shopping dan mystery calling.
Pengujian di kategori Deliveryman dilakukan berupa penilaian proses pengantaran sepeda motor Honda hingga sampai di tangan konsumen. Sementara itu pada kategori Pimpinan Jaringan dilakukan diler audit, mystery shopping dan mystery calling.
Pada masa karantina selama 3 hari, para peserta diuji dengan beberapa rangkaian penilaian seperti tes tertulis, studi kasus, role play, presentasi dan wawancara.