Bukan Hanya Avanza, Xpander Curi Pasar Innova
Pemesanan Mitsubishi Xpander sampai Juni 2018, sudah mencapai 80.000 unit, di mana 60.000 kurang lebih sudah berhasil dipenuhi. Kembali terus coba didorong, Mitsubishi Indonesia kembali menambah varian, demi memperluas pasar.
Head of MMC Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya, mengatakan, Xpander tak hanya merebut kue di pasar real LMPV, seperti Toyota Avanza, tapi juga di segmen lainnya.
Ini bisa tampak pada komposisi penjualan di tiap-tiap variannya. Mulai dari tipe tertinggi Ultimate kontribusinya 35 persen, sedangkan yang Exceed manual hampir 30 persen.
Jadi yang Ultimate tersebut bukan segmen LMPV yang sebenarnya, tapi merebut segmennya Terios (LSUV), SUV dan Medium MPV. Jadi segmen Medium MPV seperti pembeli Innova tipe standar atau bawah, beralih ke Xpander Ultimate, denga harga yang tak begtu jauh, tapi dapat fitur lengkap, ujar Imam, Kamis (2/8/2018).
Sementara untuk real LMPV, kata Imam, terlihat dari varian tengah Xpander, yaitu Exceed MT. Jadi dengan penambahan varian baru semakin memperluas pasar Xpander.
Memang ada potensi menggrap pasar Innova yang bawah, lewat Ultimate. Sementara untuk operasional low price kami punya GLS dan GLX, jadi sudah tercukupi yang atas dan bawahnya, ujar Imam.