Honda CB150 Verza Lincah buat Bermanuver
- Membahas mengenai posisi duduk dan suspensi sudah selesai, kini fokus pengujian Honda CB150 Verza pada bagian mesin dan juga akselerasi, yang dinilai PT Astra Honda Motor (AHM) mengalami perbaikan dibanding model sebelumnya.
Pertama, sebelum mulai melakukan pengetesan di area parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, untuk menyalakan mesin motor ini masih tetap sama seperti model pendahulunya, yaitu menggunakan anak kunci, lalu menekan tombol yang ada di bagian kanan pengendara.
Suara mesin 150cc, 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal itu begitu halus terdengar. Masuk ke gigi satu hingga lima tidak ada masalah, hanya saja setingan rem belakang pada unit tes dibuat terlalu dalam, sehingga apabila melakukan pengereman, kaki kanan harus menginjak lebih dalam.
Impresi pada gigi satu dan seterusnya lumayan halus dan agresif. Bahkan, sesuai dengan yang diklaim AHM, yaitu torsi bawah lebih besar ketimbang atas.
Motor sport naked ini sangat cocok untuk stop and go, karena sedikit bertenaga, dan responsif. Torsi bagian atas, jangan berharap lebih, karena memang biasa saja.
Klaim di atas kertas, untuk akselerasi 0-200 meter hanya butuh waktu 11.41 detik, namun ketika pengujian kemarin itu KOMPAS.com tidak sampai menguji dengan kecepatan tinggi, mengingat kondisi tempat pengujian yang tidak mumpuni.
Satu hal yang patut digaris bawahi, motor ini juga sangat minim getaran, sehingga membuat kenyamanan lebih ketika berkendara di jalan raya.
Meski punya bodi yang cukup besar dan tinggi, tetapi CB150 Verza ini sangat lincah. Mudah ketika diajak meliuk-liuk, karena benar-benar tidak kaku buat belok ke kiri atau kanan.
Paling nyaman lagi, karena posisi stang kemudi dibuat lebih tinggi dari tangki bensin sehingga menjadikan pengendara lebih mudah mengendalikan motor ini.
Jadi, secara kesimpulan motor ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Torsi bawah begitu besar, tenaga cukup untuk di jalan kota, dan lincah meski punya bodi sedikit besar.